Keindahan Wisata Air Terjun Blang Kolam

Keindahan Wisata Air Terjun Blang Kolam


Air Tejun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun yang indah ini, tampak asri karena lokasinya yang masih di bawah rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan yang alami. Belum lagi ketika perjalanan menuju air terjun ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan dan suasana perdesaan yang menyejukkan mata.

Ketika anda memasuki gerbang, anda harus membayar uang sebesar Rp 2.000*) saja per orangnya untuk biaya kebersihan tempat wisata. Jadi, harganya tak terlalu mahal. Anda juga bisa menemukan beberapa penjual makanan dan minuman di lokasi air terjun, sehingga anda tak perlu takut jika rasa lapar menggangu liburan anda di tempat ini.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Anda sudah bisa menemukan musholla dan toilet di tempat ini. Nah, jika anda butuh aliran listrik, misalnya untuk mengisi daya kamera atau handphone anda, jangan khawatir. Sudah ada aliran listrik yang bisa anda gunakkan untuk membuat liburan anda lebih nyaman dan menyenangkan.

Keamanan juga terjaga di tempat ini. Selain lahan parkir yang di jaga dengan baik, disekitar air terjun pun sudah ada penjaga. Jadi, jika terjadi hal yang tak di inginkan pada wisatawan, mereka dengan sigap bisa menolong anda agar dapat mencegah hal yang tak diinginkan tersebut. Bayangkan saja, wisata dengan biaya yang tergolong murah ini, anda sudah mendapatkan fasilitas wisata yang baik dan aman.

Nah, untuk memeriahkan wisata anda, tentunya anda bisa piknik bahkan mengadakan acara memanggang makanan bersama rekan-rekan anda. Asal, anda membawa alat sendiri dan tidak membuang sampah anda sembarangan. Sayang sekali bukan jika tempat wisata secantik ini tetapi menjadi terkesan kotor karena kurangnya kesadaran wisatawan. Jadi, dimulailah dari anda sendiri yang akan menjaga kebersihannya.


Transportasi

Jika anda menggunakkan kendaraan pribadi, anda bisa menuju daerah Cunda. Dari sini, anda bisa melihat penunjuk jalan yang menunjukkan arah ke Blang Kolam. Anda juga bisa menempuh perjalanan melalui Krueng Geukuh ataupun dari wilayah Kandang. Penunjuk jalan ke lokasi sudah cukup jelas, sehingga memungkinkan anda tak harus terus bertanya pada penduduk.

Untuk kendaraan umum, anda memang bisa menggunakkan labi-labi. Untuk mencari pangkalannya bisa anda temukan di terminal labi-labi di Jalan Pase. Tetapi, untuk saat ini, sudah jarang bisa ada temukan angkutan berupa labi-labi. Hal ini dikarenakan kebanyakkan dari masyarakat menggunakkan angkutan berupa becak motor.

Untuk becak motor sendiri anda bisa menemukkannya di persimpangan jalan ataupun di jalan-jalan ketika mereka lewat. Ongkosnya pun beragam, tergantung dari mana anda menggunakkan angkutan ini. Tarif jika dari pusat kota biasanya adalah sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000*) untuk menuju Desa Sido Mulyo yang memiliki Air Terjun Blang Kolam ini.

Setelah anda tiba di lokasi, anda harus memarkirkan kendaraan anda bagi yang menggunakkan kendaraan pribadi. Untuk motor diberi harga Rp 5.000*) dan untuk mobil atau kendaraan roda empat diberi harga Rp 10.000*). Memang cukup mahal, tetapi keamanannya tetap terjaga.

Dari tempat parkir ini, anda bisa melihat sebuah gerbang yang akan membawa anda menuju Air Terjun Blang Kolam. Tapi tunggu dulu, anda harus menuruni 660 buah anak tangga yang di buat pada tahun 70an untuk mencapai air terjun. Memang terkesan melelahkan, tetapi, pemandangan alam selama perjalanan bisa membuat anda bersemangat dan sampai di air terjun.


Tips

  1. Berhati-hatilah saat menuruni tangga, karena tangga tersebut sudah berumur, sehingga banyak yang sudah berlumut, sehingga menyebabkan jalan licin. Selain itu, sudah ada beberapa anak tangga yang bergeser/rusak karena penurunan tanah.
  2. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung kesini, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
  3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan bawaan anda ketika menuruni tangga. Tetapi, jika ada yang kurang, anda juga terpaksa repot naik ke atas untuk mengambilnya lagi jika anda meninggalkannya di kendaraan anda.
  4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

Asik kan? Apalagi jika anda datang beramai-ramai bersama teman maupun keluarga anda. Suasana alam yang mendukung mampu membuat anda merasakan liburan yang menyenangkan di area Air Terjun Blang Kolam ini. Jadi, tunggu apa lagi. Jangan sampai tempat wisata yang satu ini terlewat dalam daftar wisata anda. Selamat Berlibur!

   
Lokasi

Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Berjarak tempuh sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe.  Bisa menggunakan mobil, sepeda motor ataupun angkutan umum lainnya.

Untuk mencapai lokasi Blang Kolam sebenarnya tidak sulit, cukup banyak jalur yang bisa ditempuh, bisa melalui Cunda kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara atau kawasan Muara Satu kota Lhokseumawe.  Kondisi jalan menuju objek wisata Blang Kolam ini cukup terjal dan licin sehingga menjadi salah satu penghambat bagi pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini.  Petunjuk jalan ke lokasi air terjun ini ada cukup jelas  sehingga memungkinkan tak harus banyak bertanya ke pada penduduk setempat.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan labi-labi (jenis kendaraan tradisonal) yang sering mangkal di Jalan Pase. Akan tetapi untuk saat ini jarang bisa ditemukan angkutan jenis tersebut.  Alternatif lain adalah dengan menggunakan angkutan berupa becak motor.  Ongkos becak motor ini dari pusat kota menuju Desa Sidomulyo berkisar Rp 15000-20000 sekali jalan

Sesampainya di tempar parkir kendaraan yang terletak di pinggir jalan Desa Sidodadi, ikuti jalan setapak berupa tangga yang berkelok-kelok menanjak dan menurun.  Jarak anak tangga ini ke lokasi air terjun sekitar 700 m.  Berhati-hati berjalan terutama di saat cuaca mendung atau baru turun hujan, anak tangga ini sangat licin untuk dilewati karena sudah berlumut.

 

Tiket dan Parkir

Tidak ada tiket masuk.  Ongkos parkir berkisar Rp 5000 - 10000 untuk setiap kendaraan.

 

Fasilitas dan Akomodasi

Belum tersedia sarana pendukung seperti Musholla, MCK, dan tali pembatas jalur.

Sayangnya ojek wisata ini sangat memprihatinkan dan tidak terurus.   Selain jalur akses sekitar 3 kilometer yang sudah rusak berat, kondisi sejumlah bangunan di lokasi itu juga sangat memprihatinkan dan tidak terurus. Bahkan, anak tangga beton menuju lembah, kini banyak yang sudah retak dan dipenuhi lumut.  Demikian juga dengan kebersihan lingkungan yang tidak terjaga.

 

Informasi Kontak

Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Utara:
Jln. Samudera No.18 Lhokseumawe.
Tlp (0645) 46210, Fax (0645) 40924.
Kabupaten Aceh Utara - NAD